Tari Jaipong

Superb
Minutes to visit

Informasi Selengkapnya

Nama :   Tari Jaipong
Kategori : Kesenian

Informasi


Tari Jaipong

Tari Jaipong

 

Tari Jaipongan merupakan tari kebanggaan masyarakat Jawa Barat yang telah dikenal bukan saja di Indonesia tapi juga mancanegara. Wargi tahukah kamu? Kalau kata Jaipong pada mulanya dikenal sebagai istilah untuk bunyi-bunyi kendang yang mengiringi tari rakyat.

Tepak kendang Jaipong yang merupakan iringan tari pergaulan dalam Bajidoran di daerah Subang dan Karawang ini selanjutnya dijadikan tari pergaulan kreasi baru. Tari kreasi baru ini diciptakan dan dikembangkan oleh Gugum Gumbira dan akhirnya dinamai Tari Jaipongan.

Pergelaran Jaipongan materinya terdiri atas penari, pangrawit, dan tata busana. Penari tari Jaipongan terdiri dari penari tunggal biasanya penari wanita yang membawakan tarian dalam lagu tertentu, atau penari rampak yang terdiri dari 2 penari atau lebih, dibedakan menjadi rampak sejenis atau rampak berpasangan.

Untuk Pangrawit bentuk iringan yang dipakai ada yang sederhana dan ada pula yang banyak, yang sederhana seperti iringan Ketuk Tilu yang berisi Kendang, Ketuk, Rebab, Goong, Kecrek, dan Sinden. Dari segi tata busana, para penari wanita akan menggunakan sinjang, rambutnya selalu diberi sanggul dengan asesorisnya. Sedangkan untuk penari pria akan bergaya Jawara seperti menggunakan kumis, ikat kepala, pangsi, membawa golok dan memakai gelang bahar.

 

Sumber: Buku Ragam Cipta – Mengenal Seni Pertunjukan Daerah Jawa Barat oleh Atik Soepandi, S.Kar, Dr.s Enip Sukanda .P dan Drs. Ubun Kubarsah .R


Kontak

Kategori Lainnya