Longser

Superb
Minutes to visit

Informasi Selengkapnya

Nama :   Longser
Kategori : Kesenian

Informasi


Longser

Longser

 

Longser merupakan salah satu jenis teater rakyat Sunda. Jika berbicara tentang Longser kita akan sering mendengar nama Bang Tilil sbg tokoh longser. Dahulu longser sering dipertunjukkan di ruang-ruang terbuka seperti pasar, dipinggir jalan dan alun-alun.

Di masa Lampau, sebelum sandiwara lahir ditahun 1930, longser amat diminati dan disenangi oleh masyarakat. Saking sukanya dengan longser jika ada kenduri pun Longser menjadi salah satu pertunjukkannya. Longser sediri merupakan teater yang di dalamnya terdapat tarian, pertunjukan cerita rakyat, dan terdapat juga pelawak yang dapat mengundang tawa.

Selain itu Longser biasanya dilengkapi dengan Nayaga (penabuh musik), Pemain, Bodor (pelawak), dan Ronggeng (penari merangkap penyanyi). Sebelum Longser dimulai musik-musik pengiring seperti Talu Gamelan, Rebab, Kendang, dan Bonang mengalunkan musik ceria yang dapat menarik perhatian masyarakat sekitar untuk menonton pertunjukkan longsernya.

Yang menjadi pembuka dalam pertunjukkan longser biasanya pertunjukkan dari para penari dan penyanyi dalam Longser tersebut. Lalu yang menjadi puncak dari longser merupakan cerita rakyat dan biasanya akan disajikan semalam suntuk.

 

Sumber: Buku Ragam Cipta – Mengenal Seni Pertunjukan Daerah Jawa Barat oleh Atik Soepandi, S.Kar, Dr.s Enip Sukanda .P dan Drs. Ubun Kubarsah .R


Kontak

Kategori Lainnya