• Beranda
  • Media
  • Blog Wisata

Rekomendasi Tempat Ngabuburit dan Tarawih di Kota Bandung

Diposting Oleh : admin
Rabu, 06 April 2022

Ngabuburit dapat dikatakan sebagai tren atau tradisi yang tidak bisa dilepaskan saat Ramadhan. Memang, tidak diketahui secara pasti siapa yang memperkenalkan istilah ngabuburit, tapi tradisi ini telah mengakar secara turun temurun dalam lingkungan masyarakat Indonesia. Kata ngabuburit diyakini berasal dari "ngalantung ngadagoan burit" yang berarti bersantai sambil menunggu waktu sore.     

Ngabuburit biasanya diisi dengan berbagai macam kegiatan positif, seperti jalan-jalan ke suatu tempat bersama keluarga atau teman, beriktikaf di masjid, bahkan ada pula yang memanfaatkan waktu ngabuburit untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. Nah, anak muda sekarang biasanya lebih banyak menghabiskan waktu ngabuburit dengan melakukan kegiatan hang out atau berkumpul bersama teman-teman sebaya.

Biasanya sehabis buka puasa, mereka mencari masjid sekitar tempat ngabuburit untuk pergi Tarawih. Berikut beberapa Rekomendasi Tempat Ngabuburit dan Tarawih di Bandung.

  • Kawasan Alun-Alun dan Braga : Masjid Agung

Alun-alun, menjadi salah satu tujuan favorit warga untuk ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa Bulan Suci Ramadan. Selain dapat bersantai dan bermain di halaman masjid atau Taman Alun-alun Bandung yang beralaskan rumput sintetis, warga juga dapat berjalan-jalan di pedestrian yang dikelilingi pusat perbelanjaan khusunya pakaian dan bermacam aksesoris.

Braga, Jalan Braga tentu sudah cukup populer bagi masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar daerah.Kawasan ikonik ini menyajikan suasana tempo dulu dengan bangunan retro. Menariknya, ada banyak restoran yang bisa jadi pilihan untuk berbuka puasa.

Masjid Raya Bandung Jawa Barat sebelumnya bernama Masjid Agung didirikan pertama kali pada tahun 1812. Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung dekat ruas Jalan Asia-Afrika dan Braga. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan.

  • Babakan Siliwangi dan Kawasan Cihampelas : Masjid Mungsolkanas

Babakan Siliwangi atau yang dikenal disingkat dengan Baksil adalah salah satu kawasan hutan kota di Bandung. Babakan Siliwangi menjadi Ruang Terbuka Hijau yang paling terjangkau oleh masyarakat kota Bandung dengan suasana asri serta rindang. Ngabuburit di tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih oleh masyarakat dan wisatawan. 

Selain di Baksil kawasan Cihampelas juga menjadi salah satu ruang publik dan tempat berbelanja. Disepanjang jalan Cihampelas terdapat ruang terbuka untuk publik, dengan sederet pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai jenis makanan, minuman, pakaian hingga buah tangan asal Kota Bandung.

Di Kawasan Cihampelas juga terdapat mesjid pertama di Kota Bandung yaitu Masjid Mungsolkanas yang merupakan akronim dari kalimat berbahasa sunda yaitu 'Mangga Urang Sholawat ka Nabi Saw' yang memiliki arti mari kita selawat kepada Nabi Muhammad Saw. Masjid tiga lantai ini berada di Gang Winataatmaja yang sangat cocok dijadikan pilihan untuk shalat tarwih. 

  • Paris Van Java Mall : Masjid Cipaganti

Salah satu mall terbesar di Kota Bandung yang cocok dijadikan sebagai  alternatif ngabuburit ialah Paris Van Java Mall. Di kawasan pusat perbelanjaan paling terkenal di Bandung ini kamu bisa berbelanja atau sekadar window shopping hingga memilih tempat berbuka puasa di berbagai macam restaurant yang ada disini. 

Salah satu alternatif lainnya untuk melaksanakan ibadah tarwih di sekitar Paris Van Java Mall ialah Masjid Raya Cipaganti. Keberadaannya bak saksi bisu sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Masjid yang berdiri pada 7 Februari 1933 ini biasanya pada bulan Ramadan selalu ramai dikunjungi. Beberapa kegiatan, mulai tarawih berjamaah, tadarus Alquran, dan ceramah Subuh, iktikaf, takjil gratis, buka bersama, sampai bazar buku kerap dilaksanaka di tempat ini. 

  • Kawasan Cisangkuy : Masjid Pusdai

Di Kawasan Cisangkuy terdapat berbagai tempat yang bisa dikujungi oleh masyarakat serta wisatawan untuk ngabuburit atau berbuka puasa. Seperti, Taman Lansia yang enak buat olahraga dan nogkrong atau mampir di Museum Geologi yang tidak jauh dari kawasan Cisangkuy. Selain itu, ditempat ini juga banyak menjual berbagai makanan serta restoran atau tempat makan yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa seperti Pasar Cisangkuy, Yogurt Cisangkuy, Kampung Sunda dan banyak lagi lainnya. 

Usai ngabuburit atau buka puasa di tempat ini, tidak jauh dari kawasan Cisangkuy terdapat sebuah kawasan yang dikenal sebagai pusat dakwah Islam di Jawa Barat atau PUSDAI. Di mesjid PUSDAI ini selama bulan Ramadhan rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti ceramah agama, shalat tarwih serta kegiatan lainnya yang bisa diikuti oleh masyarakat atau wisatawan. 

  • Kawasan Dipatiukur dan Dago : Masjid Salman ITB

Rekomendasi tempat ngabuburit selanjutnya ialah kawasan Dago dan Dipatiukur. Setiap sore hari, dikawasan Dago selalu ramai dikunjungi oleh muda mudi Kota Bandung baik untuk nongkrong atau berkumpul dengan teman – teman sembari menunggu senja datang. Sedangkan untuk kawasan Dipatiukur, pada bulan Ramadhan menjadi salah satu pilihan wajib untuk berburu menu buka puasa. Di tempat ini menjual berbagai makanan mulai dari yang tradisional hingga modern atau kekinian. 

Tidak jauh dari kawasan Dago dan Dipatiukur, juga terdapat Mesjid Salman ITB yang selalu ramai dikunjungi untuk beribadah. Pada bulan Ramadhan Mesjid Salman ITB rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti buka bersama, pengajian serta aktivitas menarik di bulan Ramadhan lainnya