• Beranda
  • Media
  • Blog Wisata

Rekomendasi Jajan dan Jalan Asik di Kota Bandung

Diposting Oleh : admin
Jumat, 13 Mei 2022

1.  Tempat Liburan Wisata

  • Karang Setra

Karang Setra Waterland merupakan kolam renang dengan sejarah panjang, diresmikan oleh Presiden Pertama RI Soekarno pada 3 Mei 1958, karang setra pada awalnya merupakan kolam renang pertama di Bandung sekaligus kolam renang terluas se-Asia Tenggara, total area Karang Setra Waterland mencapapai 6 hektar. Seiring perkembangan zaman, saat ini Kolam Renang Karang Setra bukan hanya berfungsi sebagai kolam renang atlet, namun telah berkembang menjadi pusat hiburan keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap layaknya waterpark pada umumnya.

Karang Setra ini bertempat di Jl. Sirnagalih No. 15 Bandung - Jawa Barat Indonesia

Harga tiket masuk Karang Setra Waterland pada tahun 2022 ini sebesar Rp 40.000 untuk weekday dan Rp 45.000 untuk weekend. Meskipun murah, di Karang Setra ini terdapat cukup banyak wahana permainan yang bisa kalian nikmati seperti seluncuran, kolam arus, kolam olympic, dan lain-lain.

  • Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan salah satu tempat wisata bermain yang terdapat di kota Bandung, Jawa Barat. Trans Studio Bandung adalah tempat wisata terbesar di Indonesia yang konsepnya berada di dalam ruangan. Berbagai macam wahana permainan dan pertunjukan tersedia dan bisa untuk dinikmati. Berbagai macam wahana permainan seru telah tersedia mulai dari Jelajah, Giant Swing, Marvel Superheroes 4D, Yamaha Racing Coaster dan beberapa wahana permainan lainnya.

Untuk harga tiket TSB ini adalah 200k untuk weekdays dan 300k untuk weekend,

Dan untuk jam operasional nya yaitu jam 10.00 – 17.00 untuk weekdays dan weekend.

Buat kalian yang ingin bermain di Trans Studio Bandung langsung aja datang ke Jl. Gatot Subroto No.214, Maleer, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

  • Kiara Artha Park

Kiara Artha Park merupakan sebuah kawasan terpadu yang memadukan konsep hunian, bisnis, komersial, dan wisata yang ikonik di Kota Bandung dengan luas + 2.9 hektar. Kiara Artha Park sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak ruang publik bertemakan Taman Kota yang ada di Bandung yang terletak di tengah Kota Bandung Taman ini melengkapi taman-taman tematik lainnya yang sudah ada di Kota Bandung.

 Taman kota ini kini menjadi salah satu tujuan wisata warga Bandung khususnya dan bagi masyarakat umum. Meskipun Taman ini baru dibuka yaitu pada tanggal 17 Agustus 2019, warga Bandung dan masyarakat sangat antusias datang dan menikmati berbagai aktivitas dan wahana yang ada. Kiara Artha Park ini berada di Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

2. Staycation Mewah

  • The Gaia Hotel Bandung

Berlokasi di atas lembah pegunungan setingggi 16 lantai dengan arsitektur yang kokoh, hotel ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap di Bandung yang lebih dari sekedar hotel bintang lima pada umumnya, memanfaatkan alam sekitar yang rimbun dan cuaca yang sejuk, The Gaia Hotel Bandung juga menyediakan banyak ruang terbuka untuk relaksasi, eksplorasi, aktivitas, acara atau bersantap sambil menikmati pemandangan kehijauan dan udara segar.

Hotel ini juga menyediakan banyak fasilitas untuk pelanggannya seperti infinity pool, Sepik Massage Therapy & Spa yang lengkap, gym dengan fasilitas indoor dan outdoor, dan studio bermain KidsCADS, dan masih banyak fasilitas menarik lainnya. Harga yang untuk satu malam nya ini di mulai Rp.2.280.000, The Gaia Hotel ini berada di Jl. Dr. Setiabudi No.430, Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung

  • Pullman Bandung Grand Central Hotel

Pullman merupakan salah satu hotel berbintang 5 terbaik di Kota Bandung, Hotel mewah dengan pelayanan istimewa ini menyatu dengan kreativitas alami Bandung dengan memamerkan desai klasik yang berani berpadu dengan pesona suasana lama Belanda di Sekitarnya. Ragam fasilitas hotel yang ditawarkan di Pullman Bandung Grand Central. Menjulang setinggi 18 lantai di atas pusat kota Bandung, Pullman Bandung Grand Central membawa tamu hotel ke ruang untuk bersantai dan memulihkan energi, menghadirkan pengalaman kelas atas, optimis, dan sempurna dalam tempo yang sesuai dengan pergerakan global.

Dan untuk kamarnya pun kita ditawarkan berbagai macam kamar, ada Deluxe, Deluxe City View, Executive Room, Pullman Junior Suite, dan Pullman Suite. Harga untuk satu malamnya berkisar di Rp1.300.000 dengan mendapatkan 1 kamar deluxe dengan 1 tempat tidur king, hotel Pullman ini berada di Jl. Diponegoro No.27, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

  • Mercure Setiabudi

Hotel Grand Mercure Bandung Setiabudi merupakan akomodasi mewah berkelas bintang 5. Jika datang dari arah kota Bandung, tidak jauh setelah pertigaan Terminal Ledeng ke arah Rumah Sosis, Hotel Mercure ada di sebelah kiri. Lokasinya menjadi cukup enak, bisa ke Lembang maupun ke kota Bandung dalam waktu 20-30 menit jika jalanan lancar. 

Hotel mewah 8 lantai ini memilki 204 kamar terbaik dengan tempat tidur berkualitas, hotel ini juga memiliki kolam renang luar ruangan lengkap dengan Bar tepi kolam, dan juga emiliki 2 restoran serta 2 bar, dan bagi kalian yang suka berolahraga terdapat fasilitas pusat kebugaran, ruang yoga serta Tenis meja.

Hotel ini menyediakan 6 pilihan kamar yaitu, Kamar Superior, Kamar Superior dengan Balkon, Kamar Superior Premium, Kamar Deluxe dengan Pemandangan Kolam Renang, Kamar Deluxe dengan balkon dan Pemandangan, dan Kamar Privilege, dan harga pun untuk satu malam nya di mulai dari Rp.832.404. Untuk alamatnya sendiri, Hotel Mercure ini berada di Jl. Dr. Setiabudi No.269 275, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

3.  Urban Tourism

  • Kawasan Asia Afrika

Berkunjung ke Tanah Pasundan tak lengkap tanpa mengunjungi Jalan Asia-Afrika, Bandung. Jalan bersejarah di Kota Kembang ini merupakan spot favorit bagi wisatawan saat berlibur di Kota Bandung. Pasalnya, jalan ini menghadirkan wisata bernuansa tempo dulu yang kental dengan bangunan Art Deco yang klasik.

Jalan Asia-Afrika ini pun disebut sebagai titik 0 (Nol) kilometer, awal pusat perkembangan di kota Paris Van Java ini. Pada waktu itu pemerintahan Bandung yang berada di wilayah Krapyak atau Dayeuh Kolot dipindahkan ke wilayah ini pada 1810. Jalan Asia-Afrika menjadi salah satu kawasan bersejarah dan pusat Kota Tua di Bandung.

Dan untuk saat ini banyak sekali warga local maupun turis yang menjadikan Kawasan Asia Afrika sebagai destinasi wisata, selain banyak sekali spot foto yang keren, Kawasan ini juga menyediakan banyak wisata kuliner mulai dari jajanan khas bandung hingga makanan berat pun bisa ditemukan di sini.

  • Kawasan Braga

Braga merupakan jalan utama di Kota Bandung yang sudah dikenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Jalan Braga menjadi maskot dan ciri khas bagi Kota Bandung. Kawasan ini dikenal dengan julukan “Parijs van Java” yang berarti Paris-nya Jawa. Sepanjang Jalan Braga terdapat pertokoan dengan arsitektur kuno yang tetap dipertahankan sejak zaman Belanda. 

Kawasan Braga sempat mengalami renovasi dengan tanpa mengubah bentuk aslinya, dimana bangunan-banguna kuno tetap berdiri. Sepanjang Jalan Braga menggunakan paving blok yang menguatkan jalan ini mirip seperti di Kota Paris. Sampai saat ini Jalan Braga tidak pernah sepi pengunjung baik pada hari biasa maupun hari libur, terlebih karena lokasinya berada di pusat kota Bandung. 

Dan sekarang pun di sepanjang jalanan braga banyak sekali café – café kekinian yang menjadi daya tarik untuk anak muda seperti coffeeshop, ice cream café dan juga ada photobox yang sangat keren.

  • Kawasan Dago

Siapa yang tidak mengetahui nama Dago, salah satu jalan paling terkenal yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Dago sendiri saat ini merupakan kawasan pusat kuliner dan belanja di Bandung.Di sepanjang jalan ini banyak ditemukan rumah makan, kafe, butik, toko-toko hingga pusat perbelanjaan. 

Sejarahnya, Dago berasal dari kata Bahasa Sunda dagoan yang artinya tunggu. Ariyono Wahyu Widjajadi, pegiat Komunitas Aleut Bandung mengatakan pada zaman dulu lokasi tersebut merupakan tempat antar warga saling menunggu. 

Dan pada saaat ini Jalan Dago menjadi salah satu tujuan wisata warga lokal maupun turis dari luar bandung, dan di malam hari pun jalanan Dago ini terlihat sangat indah dengan lampu jalan yang klasik dan juga terdapat meja dan kursi di pinggir jalan yang cocok menjadi tempat anak – anak muda untuk nongkrong dan menikmati indahnya Dago.

4. Jajanan yang cuma ada di Bandung 

  • Sate DJ Sudirman

Sate DJ merupakan salah satu kuliner Bandung favorit yang wajib kalian kunjungi. Lokasi kedai ini ada di Jl. Jendral Sudirman No. 297. Sistem pemesanan disini harus ngantri, order, bayar, cari tempat duduk, dan makan lgsg ditempat. Bisa juga pesan secara takeaway. 

Pelayanan disini bagus dan cepat menu disini ada Sate ayam (Rp 15k), sapi (Rp 17k), dan kambing (Rp 17k). 1 porsi isi 10 pcs. Pilihan untuk bumbu marinasi sate ada 3 yang terdiri dari asin, asin pedas sedang, dan asin pedas banget.  Buat rasa sate ayam disini sangat enak campuran sate ayam dengan bumbu asin meresap ke daging. Ada variasi tekstur gigitan di setiap tusuk sate seperti crunchy dan lembut. Rasa dari marinasi sate ini antara asin dan gurih pas.

  • Perkedel Bondon

Makanan yang bahan dasarnya terbuatnya dari kentang, yang kemudian diolah dan dibuat bulatan-bulatan yang tidak teratur terkadang jadi pipih bentuknya, lalu digoreng dengan minyak goreng panas hingga jika matang rasa perkedel khas bandung ini ketika digigit awalnya keras, namun bagian tengahnya sangat lembut dan sangat pas lidah.

Pada awalnya, populer di kalangan anak muda Bandung pada masanya sebagai tempat makan sehabis hang out dari Tempat Malam di Bandung. Nama bondon yang dilabeli untuk Perkedel kentang ini sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang berarti perempuan malam. 

Menurut sang penjual, nama itu berasal dari sebutan anak-anak muda Bandung yang kala itu nongkrong di warung tersebut sehabis pulang dari tempat malam, Nah namun seiring perkembangan zaman, popularitas tempat kuliner ini semakin terkenal dan berlanjut sampai sekarang. Perkedel Bondon adalah Makanan yang di jual di sekitaran Hotel dekat Stasiun Bandung, tepatnya di jalan Babakan Stasiun Hall no.43, harganya pun sangat murah mulai dari Rp.2000 – Rp.15.000.

  • Bacang Braga

Bacang merupakan penganan tradisional khas etnis Tionghoa yang sudah umum dikenal, biasanya, bacang terbuat dari beras yang direbus menyerupai lontong atau ketupat. Bagian dalam bacang ini biasanya terdapat isian daging. Tentunya yang tidak kalah penting adalah daun pembungkus dan tali pengikat. 

Daun yang dipilih adalah jenis daun kelapa atau bambu berujuran panjang dan lebar. Bacang biasanya diikat berbentuk limas yang alasnya segitiga. Meskipun terletak di kawasan tersohor di Kota Bandung, penjual Bacang Braga tak mudah ditemukan. Lokasinya agak nyempil di persimpangan gang kecil, tepatnya di belakang Apotik Kimia Farma Braga atau di seberang bekas gedung AACC/Bioskop Majestic.

Untuk menjajakan dagangannya, Bacang Panas Braga hanya menggunakan sebuah gerobak sederhana dan bangku plastik seadanya. Nah, yang istimewa dari Bacang Panas Braga ini, yakni menggunakan isian daging halal berupa daging sapi yang dipotong kecil-kecil.

Dari penyajiannya, Bacang Panas Braga menggunakan bungkusan daun kelapa beserta piring plastik dan sendok bagi yang ingin bawa pulang, sajian bacang juga dilapisi kertas pembungkus nasi. Hal tersebut dilakukan, agara para pembeli tidak kepanasan saat menggenggam bacang.