" >-->
  • Beranda
  • Media
  • Berita

Kegiatan Pelatihan Manajemen Budaya untuk Sanggar dan Lingkung Seni Kecamatan Batununggal

Diposting Oleh : admin
Kamis, 21 Oktober 2021

Pada hari ini (21/10) telah dilaksanakan kegiatan pelatihan manajemen budaya untuk sanggar dan lingkung seni kecamatan Batununggal di Hotel Horison Bandung dengan tema "Wakca Balaka: Tumbuk Catur Seniman Ngawangun Sanggar/Lingkung Seni Kecamatan Batununggal". Kegiatan pelatihan yang termasuk kedalam program @batununggalreueus ini bertujuan untuk membangun sistem bisnis produk seni budaya dan bersinergi antar sanggar/paguron seni se-kecamatan Batununggal

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini di antaranya yaitu: Tata Cara Pengajuan Dana Hibah, SOP Penggunaan Fasilitas Gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, seperti Teras Sunda Cibiru (TSC), Bandung Creative Hub (BCH), dan Padepokan Seni Mayang Sunda, serta Bisnis Plan Sanggar Seni dengan Metode BMC atau Bisnis Model Canvas.

Materi-materi tersebut disampaikan oleh Seksi Pengembangan Produk Budaya dan Kesenian, ibu Titin Kuswiatin, M.AP; Pamong Budaya Produsen, bapak Rukmana Saputra SE; dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan, DR. Mulyaningrum, SE, M.Hum.

Peserta Pelatihan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari masing-masing perwakilan sanggar seni yang berjumlah 14 sanggar/paguron silat di Batununggal. Pelatihan ini juga turut dihadiri Pejabat Struktural beserta Staf Bidang Produsen Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Camat Batununggal, Kasie Ekbang Kecamatan Batununggal, Kesos Kelurahan Binong, Kesos Kelurahan Gumuruh, Kesos Kelurahan Samoja, Kesos kel Kebon Waru, Dosen Unpas, serta Tim Bandung Reueus

Program selanjutnya dari kegiatan ini yaitu memelihara pembinaan sanggar khususnya dalam mempromosikan produk seninya di media sosial dan persiapan mengadakan pementasan Bing bag pada akhir bulan November.

Diharapakan kedepannya setiap sanggar atau paguron bisa mandiri dalam mengembangkan produk seninya, khususnya dalam optimalisasi promosi dan pergelaran/pameran untuk meningkatkan kualitas produk seninya.