• Beranda
  • Media
  • Berita

Peresmian Kampung Wisata Kreatif Literasi Cinambo

Diposting Oleh : admin
Rabu, 01 Desember 2021

Pada hari ini (1/12), Wali Kota Bandung, Oded M. Danial resmi meluncurkan Kampung Wisata Kreatif Literasi Cinambo di Area Parkir Ruko Anggrek Residence, Kecamatan Cinambo. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid melalui live streaming dari akun media sosial resmi milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung yakni Youtube This is Bandung. Penetapan Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cinambo sebagai Kampung Wisata Kreatif Literasi terdapat dalam Keputusan Wali Kota Bandung Nomor 556/Kep.988-Disbudpar/2021 tanggal 3 November 2021.

Pengembangan Kampung Wisata di Kota Bandung sendiri merupakan salah satu dari janji Wali Kota berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023. Saat ini, Kota Bandung memiliki 4 Kampung Wisata yang telah diresmikan yaitu: Kampung Wisata Sejarah dan Budaya Braga, Kampung Wisata Kreatif Cigadung dan Kampung Wisata Kreatif Binong Jati. 

Kota Bandung memiliki target sedikitnya 8 Kampung Wisata di Kota Bandung pada tahun 2023 di mana temanya disesuaikan dengan keunggulan-keunggulan dari setiap kecamatan sehingga mampu mendongkrak potensi yang bisa dikembangkan dengan maksimal.

Kecamatan Cinambo sudah memiliki banyak program untuk meningkatkan budaya membaca para warganya. Kampung Literasi sendiri adalah salah satu program dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sukamulya yang sudah berdiri sejak tahun 2003 silam. 

Beberapa program di Kampung Literasi ini yaitu kegiatan Gemma (Gerakan Minggu Membaca) yang bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan anak-anak dan One Family One Book, di mana setiap keluarga akan diminta untuk menyumbangkan minimal satu buku untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) Sukamulya. Kampung Literasi memiliki TBM yang tersebar di setiap RW. Total TBM yang dimiliki berjumlah 6 TBM dan satu lagi berada dimulut gang kesekertariatan PKBM Sukamulya yang biasa disebut Halte Baca.

Dengan hadirnya Kampung Wisata Kreatif Literasi Cinambo yang mengusung tagline "Bandung Unggul Literasi", semakin menguatkan Kota Bandung sebagai kota kreatif yang lengkap dan berwarna. Semoga dengan adanya Kampung Wisata bisa mendukung pembangunan Kota Bandung melalui kepariwisataan yang berdaya saing.