• Beranda
  • Media
  • Berita

Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021

Diposting Oleh : admin
Sabtu, 18 Desember 2021

Pada hari Jumat (17/12) telah diselenggarakan Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021 di éL Hotel Royale Bandung. Kegiatan ini diselanggarakan secara hybrid (online dan offline) sehingga tamu undangan dapat hadir secara langsung ataupun menyaksikan melalui aplikasi zoom dan streaming di kanal Youtube This is Bandung. 

Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung merupakan kegiatan diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung sebagai wujud apresiasi atas prakarsa dan kreativitas para pemilik dan/atau pengelola Bangunan Cagar Budaya yang telah turut memelihara dan mengembangkan citra Kota Bandung.

Tahapan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung Tahun 2021 dimulai dari penyeleksian calon penerima Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung Tahun 2021 sebanyak 20 bangunan cagar budaya. Penyeleksian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap, yaitu: pengumpulan nama-nama calon penerima anugerah, pelaksanaan survey lapangan dan penjurian yang dilaksanakan pada tanggal 9 November - 18 November 2021. Selanjutnya dilakukan penetapan penerima anugerah yang dilaksanakan pada tanggal 19 November 2021 dan audiensi oleh calon penerima anugerah yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2021.

Terdapat 10 penerima Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021 yang terbagi ke dalam 5 kategori, di antaranya yaitu: Kategori Pelindungi I (Contoh Terbaik Kawasan Kota Taman) dengan pemenang Rumah Tinggal Jl. Cisangkuy No.50, Rumah Tinggal Jl. Aria Jipang No.7, dan Rumah Tinggal Jl. Kencana No.3. Kategori Pelindungi II (Aset yang langka/Terancam Punah) dengan pemenang Rumah Tinggal Jl. Kebonjati No.125/8 dan Rumah Tinggal Jl. Gempol Kulon No.109. Kategori Pemanfaatan I (Bangunan Umum yang Terus Beradaptasi) dengan pemenang Balai Pertemuan Ilmiah Institut Teknologi Bandung (BPI-ITB) Jl. Dipati Ukur No.4 / Jl. Surapati No.1 dan GPIB Bethel Jl. Wastukencana No.1. Kategori Pemanfaatan II (Adaptasi Fungsi Rumah Tinggal menjadi Non-hunian) dengan pemenang Rumah Tinggal (Sekretariat Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Barat) Jl. Brantas No.23 dan Rumah Tinggal (Rumah Makan Dahapati) Jl. Cipaganti / Jl. Wiranatakusumah No.146. Kategori Pengembangan (Contoh Pengembangan/Revitalisasi) dengan pemenang Cafe Antico Jl. Cilaki No.9. 

Adapun dewan juri yang terlibat pada kegiatan ini yaitu Aji Bimarsono, S.T., M.Sc; Ridwan Hutagalung Hose Julifar, SIP; Indah Widiastuti, ST., MT., Ph.D; Dr. Eng. Arif Sarwo Wibowo, ST., MT; dan Hevi Riyanto, S.S.

Pada acara Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2021, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung meluncurkan aplikasi SigayaPinter. SigayaPinter atau (Sistem Informasi Data Bangunan Cagar Budaya Prestisius Terintegrasi) merupakan aplikasi untuk mempermudah akses terhadap keberadaan Cagar Budaya di Kota Bandung. Ini adalah salah satu strategi inovatif dalam pelestarian dan pembinaan terhadap kekayaan warisan budaya. Masyarakat dapat mengakses aplikasi ini melalui link berikut https://sigayapinter.net/cagarbudaya/