• Beranda
  • Media
  • Berita

Pengukuhan Komite Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Periode 2022-2025

Diposting Oleh : admin
Kamis, 16 Juni 2022

Pada hari Kamis (16/06), bertempat di GH Universal Hotel telah diselenggarakan Pengukuhan Komite Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Periode 2022-2025.

Pembentukan Komite ini diawali dengan pembentukan tim penyusun Perwal, dilanjutkan dengan diskusi hingga akhirnya melahirkan Peraturan Wali Kota Bandung No. 40 Tahun 2022 tentang Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif.

Pembentukan Komite Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif bertujuan untuk menjadi mitra Pemerintah Kota Bandung; menjadi lembaga pemerintahan non-struktural yang berfungsi memberikan usul, saran, masukan, dan pertimbangan kepada Wali Kota dan Dinas; dapat membangun komunikasi, koordinasi, dan sinergi secara harmonis dan produktif dengan berbagai pemangku kepentingan; juga melakukan evaluasi dan laporan secara berkala dan/atau sewaktu-waktu mengenai penyelenggaraan penataan dan pengembangan ekonomi kreatif.

Acara pengukuhan komite ini dihadiri langsung oleh Kang Yana Mulyana, Wali Kota Bandung dan ibu Dewi Kaniasari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Selain itu, dihadiri juga oleh OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, Industri, Media, Akademisi, Komunitas dan Asosiasi sektor ekonomi kreatif dengan maksud untuk memperkenalkan dan mendukung komite ekonomi kreatif yang telah dibentuk untuk bersama-sama berkolaborasi dalam memajukan ekonomi kreatif Kota Bandung.

Komite Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif beranggotakan 23 orang yang terdiri dari unsur pentahelix yang dapat menjadi representasi dari ke-17 sub sektor ekonomi kreatif di Kota Bandung.

Pengukuhan Komite Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Bandung Periode 2022-2025 ditetapkan melalui Surat Keputusan Wali Kota Nomor 556/Kep.398-Disbudpar/2022 dan disahkan melaui pelantikan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 16 Juni 2022 yang bertempat di GH Universal Hotel.

Berikut susunan Keanggotaan Komite Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Bandung Periode 2022-2025:

Pembina : Asisten Perekonomian Pembangunan Kota Bandung Pengarah : Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Ketua : Dwi Purnomo Wakil Ketua : Galih Sedayu Sekretaris : Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Wakil Sekretaris : Imam Budi Sumarna Dewan Pakar :

  1. Unsur Pendidikan: Dina Dellyana, Adhi Nugraha, Yogi Suprayogi Sugandi, dan Hari Mawardi
  2. Unsur Pelaku Ekonomi Kreatif: Prananda Luffiansyah Malasan, Adam Ardhisasmita, dan Djaelani
  3. Unsur Dunia Usaha: Daryl Wilson, Muhammad Ajie Santika, Retty Selya, Deddy Wahjudi, dan R. Rizky A. Adiwilaga
  4. Unsur Media: Satrya Graha dan Dudi Sugandi
  5. Unsur Komunitas Kreatif: Dwinita Larasati, Grahadea Kusuf, Budi Setiawan Garda Pandawa, Mohammad Rohman, dan Deri Pribadi Aska

Dengan dikukuhkannya anggota Komite Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Bandung Periode 2022-2025 diharapkan dapat mempercepat penataan dan pengembangan ekonomi kreatif di Kota Bandung.