• Beranda
  • Media
  • Berita

Peresmian Kampung Wisata Kreatif Cigondewah

Diposting Oleh : admin
Rabu, 22 Juni 2022

Hari ini (22/06), Pemerintah Kota Bandung meresmikan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah yang berada di Kecamatan Bandung Kulon. Kampung Wisata Kreatif Cigondewah merupakan kampung wisata ke lima yang diaktivasi. Penetapan Kelurahan Cigondewah sebagai Kampung Wisata Kreatif ini terdapat dalam Keputusan Wali Kota Bandung Nomor 556/Kep.341-DISBUDPAR/2022 tanggal 11 April 2022.

Kota Bandung telah memiliki 4 (empat) kampung wisata sebelumnya, yaitu Kampung Wisata Kreatif dan Sejarah Braga, Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Kampung Wisata Kreatif Rajut Binong Jati, dan Kampung Wisata Kreatif Literasi Cinambo. 

Pengembangan Kampung Wisata di Kota Bandung sendiri merupakan salah satu dari janji Wali Kota berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023. Kota Bandung memiliki target sedikitnya 8 Kampung Wisata pada tahun 2023 di mana temanya disesuaikan dengan keunggulan-keunggulan dari setiap kecamatan sehingga mampu mendongkrak potensi yang bisa dikembangkan dengan maksimal.

Kawasan Cigondewah merupakan salah satu kawasan prioritas ekonomi berdasarkan nilai potensi kreatif di mana di Kelurahan Cigondewah ini terdapat Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC) yang menjadi pusat perbelanjaan kain di Kota Bandung. Di kawasan tersebut ada banyak toko kain di mana sebagian besar pedagang kainnya merupakan penduduk asli Cigondewah. Saat ini, ada sekitar 123 pelaku usaha di wilayah Cigondewah. 

Kampung Wisata Kreatif Cigondewah mengusung tagline “Pusatnya Belanja Kain di Bandung” untuk memperkuat identitas bisnis dan keunikan yang ada di Kelurahan Cigondewah.

Kampung Wisata Kreatif Cigondewah diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Acara peresmian ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Camat Bandung Kulon, Para SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung, Para Pelaku Usaha di Kawasan Tekstil Cigondewah, dan Perwakilan Kelompok Masyarakat.

Dengan hadirnya Kampung Wisata Kreatif Cigondewah semakin menguatkan Kota Bandung sebagai kota kreatif yang lengkap dan berwarna serta mendukung pembangunan Kota Bandung melalui kepariwisataan yang berdaya saing.