• Beranda
  • Media
  • Berita

Pasanggiri Lengser Ambu Jawa Barat 2019

29-03-2019 00:00:00

Didukung oleh Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Bandung, Komunitas Lengser Ambu Jawa Barat telah mengadakan Pasanggiri Lengser Ambu Se-Jawa Barat (29/03/2019). Bertempat di Taman Budaya Jawa Barat - Dago Tea House, pasanggiri ini diikuti oleh 25 peserta grup Lengser & Ambu perwakilan dari Kota Bandung, Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Cimahi dan Garut.

Kepala Seksi bagian Produksi Seni dan Budaya Disbudpar Kota Bandung, Dra. Titin Kuswiatin, M.AP, turut memberikan sambutan sebelum acara pasanggiri dimulai. Dalam sambutannya beliau mengatakan jika Pasanggiri Lengser & Ambu dilaksanakan sebagai implementasi dari Peraturan Daerah Kota Bandung No.5 Tahun 2012 tentang Pelestarian Seni Tradisional.

Selain untuk melestarikan Seni Upacara Adat Mapag Penganten Lengser & Ambu, pasanggiri ini menjadi wadah bagi para seniman Sunda untuk berkreasi dalam menampilkan Seni Tradisional. Tidak hanya itu, beliau menambahkan jika tujuan lain dari pasanggiri adalah untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai Seni dan Budaya Sunda.

Setelah sambutan tersebut berakhir, ada sebuah persembahan khusus Tarian Rampak Kendang dari para Ambu dan langsung dilanjutkan ke acara utama. Setiap penampilan peserta Lengser & Ambu dinilai oleh tiga dewan juri, Edi Mulyana, S.Sn, M.Sn ; Iik Setiawan, S.Kar dan Yayan Shopyan (koreografer).

Pasanggiri Lengser Ambu Se-Jawa Barat 2019 juga menghadirkan penampilan dari beberapa bintang tamu seperti Galak Sinongnong Art, Rengkak Project, Kendangers, D’Calung, Pasukan Perang, Calung Cahya Sumirat, Pencak Silat Budi Daya, Benjang si Guyur Endeur, Kaulinan Barudak, Reog Ibu-Ibu Pasir Kunci dan Pop Sunda.