• Beranda
  • Media
  • Berita

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung Ke-210

25-09-2020 09:40:56

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-210 telah diselenggarakan di Balai Kota Bandung (25/09). Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan kali ini digelar secara sederhana tanpa menghadirkan rangkaian acara berskala besar mengingat masih adanya pandemi Covid-19. Meski begitu, upacara peringatan HJKB tetap terlaksana secara khidmat dengan jumlah peserta terbatas. Upacara peringatan hanya dihadiri pimpinan daerah dan sejumlah kepala dinas atau badan.

Sebelumnya rangkaian acara peringatan HJKB diawali dengan Peresmian dan Sosialisasi Logo HJKB yang diselenggarakan pada 16 September 2020 di Kiara Artha Park lalu dilanjutkan dengan Ziarah ke Makam Bupati Bandung pada 22 September 2020. Agar masyarakat tetap ikut berpartisipasi, peringatan upacara HJKB disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting serta Instagram Disbudpar Kota Bandung, Humas Kota Bandung, Diskominfo Kota Bandung, dan Sonata Radio.

Setelah kegiatan upacara selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya Presiden Republik Indonesia dan penyerahan piagam. Tidak hanya itu, ada juga pembukaan selubung kaca wajah Wali Kota Bandung Oded M. Danial serta pembukaan selubung kubah baru yang berlokasi di Taman Sejarah. 

Memiliki wajah baru, Kubah Taman Sejarah Kota Bandung yang dihadirkan dalam bentuk mural ini memiliki filosofi berbeda pada setiap sisinya. Sisi utara adalah era pra-sejarah Kota Bandung yang digambarkan melalui sebuah legenda Tangkuban Perahu (legenda cikal bakal lahirnya tanah pajajaran) serta menampilkan keragam flora dan fauna khas Kota Bandung. Sisi timur merupakan era pra kemerdekaan yang menggambarkan suasana jerih payah para pejuang terdahulu.

Peristiwa Bandung Lautan Api pun dihadirkan pada sisi selatan yang merupakan bagian dari era kemerdekaan. Sedangkan sisi barat merupakan Kota Bandung Masa Kini yang menampilkan program-program unggulan kepemimpinan era Mang Oded dan Kang Yana mulai dari Kang Pisman, Bandung Agamis, Bandung City Scape, IoT (Internet of Thing), Modal Sosial dan Ketahanan Pangan. Mural ini merupakan hasil karya dari desainer Irma Dwi Noviani  serta Tim Mural BadHama yang terdiri dari Putut Pramudiko, Indra Y Akmarsyah, Rizki Lutfi Wiguna, Mohamad Angka Widjaya, dan Erik Rifky Prayudhi.

Menghadirkan tema “Dengan Inovasi dan Kolaborasi, Kota Bandung Bergerak Melawan Pandemi Covid-19”, peringatan HJKB pada tahun ini menjadi pesan bagi semua masyarakat untuk tetap Bersama-sama bangkit, terus berinovasi, dan tidak menyerah dalam menghadapi rintangan apapun termasuk Covid-19.