• Beranda
  • Media
  • Berita

Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

15-10-2020 08:03:47

Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya telah selesai diselenggarakan mulai dari tanggal 13-15 Oktober 2020 di Cipaku Garden Hotel. Kegiatan ini merupakan sebuah upaya Disbudpar Kota Bandung dalam rangka pengembangan kepariwisataan dan pembinaan kemitraan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang kepariwisataan.

Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari komunitas penggerak pariwisata sejarah dan budaya, penggerak destinasi wisata Braga, Cigadung dan Cibunut serta anggota Himpunan Pemandu Wisata di Kota Bandung. Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan pembekalan materi mulai dari Kepariwisataan Sejarah, Potensi Sejarah Pariwisata Kota Bandung, Teknik Kepemanduan Pariwsata Sejarah dan Wisata Budaya serta materi lainnya. Adapun narasumber yang dihadirkan di antaranya perwakilan dari Disbudpar Kota Bandung, Prof. Dr. Rieza D. Dienaputra (Guru Besar dari Universitas Padjajaran Bandung), Ridwan H J Hutagalung., S.Ip. (Akademisi dan Praktisi pariwisata dari Universitas Pendidikan Indonesia), Adjie Bimarsono (Praktisi Pariwisata dari Bandung Heritage), Evie Sri Rejeki (Blogger / Praktisi Sosmed), dan Jajaran Pengurus DPD HPI Jabar.

Tidak hanya berlangsung di satu tempat, peserta pun melakukan kegiatan outing class ke beberapa lokasi sejarah dan budaya di Kota Bandung seperti Museum Wolf Schumacher, Museum Bank Indonesia, Komunitas Ropih di wilayah Braga, dan Pengrajin Wayang di Jl. Pangarang. Kegiatan outing class tersebut dilakukan dengan mengendarai sepeda sebagai bentuk kerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya diharapkan mampu meningkatkan pemahaman serta wawasan para pemandu wisata maupun para calon pemandu wisata dalam memaksimalkan perannya dengan turut serta melestarikan nilai-nilai sejarah dan warisan budaya yang ada di Kota Bandung.