• Beranda
  • Media
  • Berita

Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay

27-10-2020 12:59:16

Dalam rangka pengembangan kepariwisataan dan pembinaan kemitraan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia sekaligus untuk mempersiapkan pelaku industri pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mengadakan Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay yang diselenggarakan dari tanggal 26-28 Oktober 2020 di Best Western Hotel. 

Kegiatan pelatihan ini melibatkan 40 peserta yang terdiri atas perwakilan dari 14 kampung wisata serta dua orang calon petugas pendamping. Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan pembekalan materi mengenai Persyaratan Homestay, Gerakan Sadar Wisata di Lingkunganan Homestay, Administrasi dan Pengelolaan Keuangan serta materi lainnya. Adapun narasumber yang dihadirkan di antaranya perwakilan dari Disbudpar Kota Bandung, Lia Afriza, SE.MM (Akademisi STIEPAR YAPARI Bandung), Andika Chandra, S.st.,M.M (Akademisi STIEPAR YAPARI Bandung) Christian Helmy Rumayar., M.M (Akademisi STP Bandung), DR. Diana Simanjuntak., M.si (Akademisi STIEPAR YAPARI Bandung) Bapak Dani (Praktisi Ahli dalam Bidang Housekeeping), dan Bapak Hilwan Badjoeri (Praktisi Homestay).

Tidak hanya mendapatkan pelatihan di satu tempat saja, peserta pun melakukan kegiatan outing class berupa pengenalan Homestay Berbasis Kearifan Lokal, pembelajaran mengenai House Keeping serta Pedoman Pelaksanaan Protokol Kesehatan untuk Homestay di Roemah Kayu Badjoeri.

Kegiatan pelatihan Tata Kelola Homestay diharapkan turut mendukung kesuksesan kampung wisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, mengingat homestay di kampung wisata berperan dalam kontribusi pengembangan ekonomi masyarakat lokal.