• Beranda
  • Media
  • Berita

Kemenparekraf / Baparekraf Gelar Fintech Equity Crowdfunding Indonesia (FinCoin) 2020 di Bandung

27-11-2020 01:58:11

Sosialisasi kegiatan Fintech Equity Crowdfunding Indonesia (FinCoin) khususnya di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah diselenggarakan di Hotel Pullman Grand Central Bandung (21/11). Dilaksanakan oleh Direktorat Akses Pembiayaan Deputi bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf RI, kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis finansial teknologi (Equity Crowdfunding).

Kegiatan FinCoin 2020 dihadiri para pelaku usaha dari berbagai sub sektor ekonomi kreatif seperti kuliner, fesyen, dan kriya dengan pembatasan jumlah peserta. Sebelum dimulai, peserta pun diharuskan melakukan protokol Kesehatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, salah satunya mengikuti rapid test.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan pembekalan materi dari beberapa pembicara di antaranya Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Tris Avianti, Pelaksana Tugas Koordinator Teknologi Finansial dan Modal Ventura Kemenparekraf/Baparekraf RI Dedy Andriansyah serta beberapa pembicara lainnya dari Platform Fintech Equity Crowdfunding yang telah terdaftar maupun berizin dari OJK seperti Bizhare dan Santara yang dimoderatori oleh Indriani D.Laratu dari Kemenparekraf/Baparekraf RI. Selalin diskusi, ada juga sesi coaching clinic dengan beberapa platform fintech.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf RI Fadjar Hutomo berharap jika kegiatan FinCoin dapat turut serta mempengaruhi eksistensi sektor pariwisata dan produk kreatif di Kota Bandung, mengingat industri teknologi finansial/fintech di tahun 2020 ini mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia dan meningkatkan akses pembiayaan kepada masyarakat dengan penyaluran pembiayaan mencapai Rp 128,7 triliun atau meningkat 113 persen year-on-year. Hal tersebut menunjukan perkembangan yang luar biasa. Kegiatan FinCoin pun diharapkan dapat merambah ke sub sektor ekonomi kreatif lainnya khususnya untuk mendukung pembiayaan teknologi finansial.