• Beranda
  • Informasi
  • Perencanaan

Rencana Strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung 2018-2023

01-08-2019 00:00:00

Rencana strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung merupakan dokumen perencanaan perangkat daerah untuk periode 5 (lima) tahun. Rencana strategis perangkat daerah memuat tujuan, sasaran, program, dan kegiatan pembangunan dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan wajib non pelayanan dasar kebudayaan dan urusan pemerintahan pilihan pariwisata sesuai dengan tugas dan fungsi dinas.

Rencana strategis disusun dengan berpedoman pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD). Pencapaian sasaran, program, dan kegiatan pembangunan dalam rencana strategis diselaraskan dengan pencapaian sasaran, program, dan kegiatan pembangunan yang ditetapkan dalam rencana strategis kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian untuk tercapainya sasaran pembangunan nasional.

Dalam Rencana Strategis 2018-2023, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mengampu 2 (dua) tujuan yaitu: 1) Meningkatkan perekonomian kota dengan indikator tujuan Indeks Daya Saing Pariwisata. Adapun target indikator tujuan adalah 3.74 nilai indeks daya saing pariwisata Kota Bandung dari skala 1-5; dan 2) Meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi dengan indikator tujuan indeks kepuasan masyarakat. Adapun target indikator tujuan indeks kepuasan masyarakat adalah 88 nilai persepsi atau dalam kategori BAIK berdasarkan Permenpan 14 Tahun 2017. 

Sementara dalam rangka pencapaian tujuan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menjabarkan ke dalam 4 sasaran strategis sebagai berikut:

1) Meningkatnya kualitas destinasi pariwisata yang berbasis kebudayaan dan ekonomi kreatif. Indikator sasaran strategis adalah jumlah kunjungan wisatawan dengan target akhir periode Renstra adalah 9.122.805; 

2) Meningkatnya pemajuan kebudayaan yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Indikator sasaran strategis adalah Indeks Pembangunan Kebudayaan dengan target akhir periode Renstra adalah 54.60 dari skala 1-100; 

3) Meningkatnya daya saing dan kreativitas pengusaha dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung. Indikator sasaran strategis adalah Persentase pelaku dan pengusaha ekonomi kreatif di Kota Bandung yang tersertifikasi HAKI dan/atau sertifikasi profesi dengan target akhir periode Renstra adalah 4,15 % dari total pelaku dan pengusaha HKI di Kota Bandung;

4) Meningkatnya kualitas pelayanan publik. Indikator sasaran strategis adalah Indeks Kepuasan Masyarakat dengan target akhir periode Renstra 88 / Kategori BAIK dalam nilai persepsi masyarakat.