• Beranda
  • Media
  • Pengumuman

Rempug Jukung - Festival Kolaborasi Ekonomi Kreatif

24-08-2019 00:00:00

Sebagai bukti nyata untuk mendukung perkembangan ekosistem Ekonomi Kreatif,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menyelenggarakan sebuah festival kolaborasi bertajuk Rempug Jukung.

Sudah diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2019 di Bandung Creative Hub, Jalan Laswi No.7 Bandung, Rempug Jukung menghadirkan berbagai rangkaian acara seperti Cooking Demo oleh Chef Ricky Sulaiman, Pameran Karya Hasil Kompetisi Desain Batik & Cinderamata Kota Bandung, Peragaan Busana Batik Kota Bandung hasil karya para Desainer komunitas Bandung Broadway, serta Bazaar Kuliner Tradisional. Sejumlah komunitas dari sub sektor  musik Kota Bandung pun turut meramaikan kegiatan Rempug Jukung, diantaranya Manshur Angklung, Karsiwa, Everbeat, Second Law, Satwa, Hujan Esok Hari, dan Tone Lighter. Tak hanya itu, penulis kenamaan Kota Bandung Risa Saraswati bersama Dimasta hadir dalam sesi  talkshow interaktif.

Menurut Kenny Dewi Kaniasari (Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung),  kegiatan Rempug Jukung menjadi ajang  kolaborasi yang melibatkan berbagai sub sektor ekonomi kreatif yang ada di Kota Bandung seperti sub sektor Desain Produk, Fesyen, Kuliner, dan Musik.  Tris Avianti selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Bandung menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program pengembangan ekonomi kreatif Kota Bandung yang diawali oleh program Kompetisi Desain Batik dan Kompetisi Desain Cinderamata Kota Bandung. Peserta kompetisi desain tersebut diikuti oleh  855 peserta dari seluruh Indonesia. Bersamaan dengan kegiatan Rempug Jukung, dilangsungkan juga pengumuman para pemenang kompetisi desain dan pembagian hadiah yang diberikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Melalui program Rempug Jukung, Disbudpar Kota Bandung berharap jika kolaborasi antara  pemerintah dan komunitas kreatif akan terus berlanjut dan mampu meningkatkan semangat bersama untuk mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif di Kota Bandung.