Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga, No.185 Jl. BKR Pelindung Hewan
Superb
Minutes to visit

Informasi Destinasi

Nama Tempat :   Museum Sri Baduga
Kategori : Daya Tarik Wisata
Tiket Masuk : Rp 3.000,00
Alamat : Museum Sri Baduga, No.185 Jl. BKR Pelindung Hewan
Wi-Fi : Tidak Ada
Jam Operasional : Selasa-Minggu 08:00-16:00

Pengunjung : Semua Umur

Informasi


Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga menjadi pilihan tempat wisata bagi Anda yang ingin mempelajari berbagai sejarah di Jawa Barat. Sudah didirikan sejak tahun 1974, nama  Museum Sri Baduga diambil dari nama seorang  raja Padjajaran yaitu Sri Baduga Maharaja Ratu Haji yang sempat memerintah pada tahun 1482-1521 Masehi. Sebelum dinamakan Sri Baduga, dahulu museum ini dikenal juga sebagai Museum Negeri Provinsi Jawa Barat.

Jika berkunjung ke Museum Sri Baduga, Anda akan menemukan ribuan koleksi benda-benda bersejerah mulai dari arkeologika, geologika, biologika, historika, etnografika, teknologika, filologika, keramonologika, seni rupa,  numismatika dan heraldika. Namun dari banyaknya koleksi yang dipamerkan, koleksi etnografika (budaya-budaya daerah) menjadi koleksi unggul dari museum ini. Koleksi etnografika yang dihadirkan dilengkapi dengan miniatur, foto, maket dan juga replika.

Koleksi di Museum Sri Baduga disebar dalam 3 lantai, diantarnya :

  • Lantai 1

Ingin melihat koleksi-koleksi pada zaman purba? Anda akan menemukannya di lantai 1. Ada berbagai koleksi zaman purba seperti replika batu tulis peninggalan Kerjaan Pajajaran, fosil hewan, fosil tumbuhan, serta fosil manusia purba yang dahulu hidup di wilayah Jawa Barat. Tidak hanya itu, ada juga informasi mengenai asal-usul terbentuknya Kota Bandung mulai dari pra-sejarah

  • Lantai 2

Lantai 2 Museum Sri Baduga menghadirkan koleksi-koleksi etnografika (budaya-budaya daerah) mulai dari naskah kuno, alat-alat tradisional pertanian dan dapur. Hal menarik lainnya adalah ditampilkannya beberapa busana pengantin daerah Jawa Barat dan juga seragam juragan tanah di masa kolonial.

  • Lantai 3

Salah satu koleksi menarik di lantai 3 adalah sebuah kecapi berukuran besar dan berwarna emas yang disebut sebagai kecapi Naga Maung. Tidak hanya besar, keunikan kecapi ini ada pada bentuknya yang menyerupai kepala naga dan harimau. Selain kecapi ada koleksi lainnya seperti koleksi benda mata pencaharian, pertempuran, dan alat-alat permainan anak. Ada juga sebuah ruangan lain berpintu jeruji yang menyimpan koleksi masterpiece seperti senjata pusaka, lukisan, dan beberapa kain khas nusantara.

Setelah puas menjelajahi setiap sudut di Museum Sri Baduga, Anda juga dapat menikmati tempat wisata lainnya di sekitar museum, yaitu Taman Tegallega. Museum ini berlokasi tepat di sebrang Taman Tegallega Bandung.

Hayu atuh berwisata ke museum! Jangan lupa ajak teman dan keluarga ya...


Kontak