• Beranda
  • Media
  • Berita

Peresmian Launching Aktivasi Kampung Wisata Kreatif Rajut Binong Jati

Diposting Oleh : admin
Rabu, 06 Oktober 2021

Pada hari ini (6/10), Kampung Wisata Kreatif Rajut Binong Jati diresmikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bapak Eric M. Attauriq yang mewakili Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Graha Mutiara (Lapangan Futsal Scudeto). Eric M. Attauriq juga mewakili Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menandatangani prasasti Launching Aktivasi Kampung Wisata Kreatif Rajut Binong Jati.

Pengembangan 8 (delapan) Kampung Wisata di Kota Bandung sendiri merupakan salah satu dari Janji Wali Kota. Penetapan Kelurahan Binong sebagai Kampung Wisata Kreatif Rajut terdapat dalam Keputusan Wali Kota Bandung Nomor 556/Kep.835-DISBUDPAR/2021 tanggal 16 September 2021.

Kampung Wisata Kreatif Rajut Binong Jati mulanya terbentuk dari Creative Belt yang terdiri dari sektor fashion, kerajinan, galeri kreatif, kuliner, akomodasi penginapan, seni budaya, dan destinasi yang menjadikan kelurahan Binong Jati berkembang dan menggali potensi daerahnya secara mandiri. Potensi kelurahan Binong Jati terdiri dari beberapa kelompok usaha pengrajin rajut baik manual maupun menggunakan mesin yang saat ini berjumlah 313 pengrajin rajut. 

Masyarakat kelurahan Binong juga merancang Jalur Wisata Satu Hari dimulai dari satu pengrajin ke pengrajin rajut lainnya untuk mengikuti kegiatan merajut sambil menikmati sajian kopi dan makanan tradisional khas Sunda. 

Acara peresmian ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Ir. Hj.Elly Wasliah; Camat Batu Nunggal Kota Bandung, Drs. Tarya; Para SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung; Perwakilan PT Pegadaian Kota Bandung; Para Pelaku Produk Usaha Rajut Binong Jati; dan Perwakilan Kelompok Masyarakat.