Festival Sastra - Mieling Poè Basa Indung

2020-02-21 / Produk Seni dan Budaya

Bertempat di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK) Bandung, telah dilaksanakan gelaran Festival Sastra - Mieling Poè Basa Indung (21/02). Festival yang diselenggarakan Disbudpar Kota Bandung dan Grup Carponn ini merupakan bentuk perayaan Hari Bahasa Ibu Internasional yang ditetapkan UNESCO setiap tanggal 21 Februari.

Bukan hanya sekedar perayaan saja, festival sastra juga sebagai wadah untuk melestarikan keaneka ragaman bahasa daerah khususnya bahasa Sunda.

Dihadiri oleh 300 tamu yang terdiri dari pengajar (PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK), anggota Carponn maupun budayawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari serta Wali Kota Bandung Oded M. Danial turut hadir memberikan sambutannya.

Ada beberapa rangkaian acara yang dihadirkan Festival Sastra - Mieling Poè Basa Indung, di antaranya Saémbara Ngarang Carponn, Pamèran meme (mim), Tepung lawung, Pagelaran Wayang Golek, dan Tausiyah oleh Ustad Evie Effendi.

Selain itu ada juga pemberian apresiasi kepada para pemenang Saémbara Nulis Carita Pondok Naker. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Piunggul 2 : Koes Naman
Piunggul 3 : Yaya Suryana Atmaja
Piunggul Harepan : Eni Setiani
Piunggul Harepan : Cicih Sundarsih