Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay Bagi SDM Pariwisata Kota Bandung

2019-11-08 / Pariwisata

Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay Bagi SDM Pariwisata Kota Bandung diselenggarakan mulai dari tanggal 5-8 November 2019 di Banana Inn Hotel Bandung. Merupakan salah satu upaya untuk mendukung kesuksesan destinasi wisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari kecamatan, kompepar, pengelola homestay, dan pegiat kampung wisata kreatif. 

Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan materi utama mengenai standar tata kelola homestay dan beberapa materi lainnya seperti Pengantar Usaha Pariwisata, Manajemen Produk, Pengelolaan Keuangan, Front Office, House Keeping, Digital Marketing, Enterpreneurship, Safety & Security, Hygiene & Security serta F&B Product Service. Ada juga studi lapangan terkait pengelolaan desa wisata di Desa Wisata Cibuntu (desa wisata yang telah berhasil meraih kejuaraan tk.nasional tahun 2018 dan memperoleh penghargaan ASEAN Award tahun 2017 untuk kategori Homestay). 

Materi-materi tersebut disampaikan oleh beberapa narasumber dari Disbudpar Kota Bandung, Akademisi STP Bandung, IHGMA Kota Bandung, Owner Ethnic Wooden Homestay, dan ICA Kota Bandung. 

Melalui kegiatan ini, para pengelola dan para calon pengelola homestay diharapkan dapat meningkatkan kinerja serta daya saing  dalam pembangunan kepariwisataan ; mendorong terwujudnya pelayanan prima bagi pelaku usaha sektor industri pariwisata ; serta memahami manajemen maupun tata kelola homestay.