Bandung Heritage Walk

2019-04-27 / Kebudayaan

Bandung Heritage Walk – 27 April 2019

Setelah mendapatkan antusiasme yang cukup besar pada tahun 2018, Disbudpar Kota Bandung bekerja sama dengan Komunitas Aleut kembali menyelenggarakan Bandung Heritage Walk (27/04/19). Kali ini tema yang dihadirkan adalah “Ngaleut Sejarah Kelahiran Kota Bandung”.

Bukan hanya sekedar menjelajahi bangunan Cagar Budaya, sebanyak 100 peserta diajak untuk menelusuri lebih dalam mengenai jejak kelahiran Kota Bandung mulai dari segala peristiwa, tragedi dan kisah lainnya. Pada pukul 07.30 WIB, para peserta sudah berkumpul dan bersiap di Hotel Savoy Homann (titik kumpul awal). Dibagi menjadi 4 kelompok, peserta dipandu oleh Komunitas Aleut selama tur sejarah berlangsung.

Masing-masing tim mendapatkan rute yang berbeda namun masih dalam kawasan Asia Afrika, Alun-Alun, Banceuy, Viaduct dan Wastukancana. Sepanjang perjalanan, peserta mendatangi bangunan-bangunan bersejarah seperti Titik Nol Kilometer, Grand Preanger, Monumen Penjara Banceuy, Gedung Indonesia Menggugat, Balai Kota, dll.

Kepala Bidang Kajian Budaya Disbudpar Bandung, Bpk. Tjep Dahyat mengatakan jika Bandung Heritage Walk bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai sejarah dan Cagar Budaya yang ada di Kota Bandung. Lewat kegiatan ini beliau berharap agar masyarakat dapat menjaga dan melestarikan segala bentuk Cagar Budaya.