Peresmian Kampung Wisata Kreatif dan Co-Working Space Braga

2019-11-11 / Pariwisata

Rangkaian acara Braga Festival 2019 diawali dengan Launching Kampung Wisata Kreatif, Warisan Budaya dan Sejarah Braga serta Peresmian Co-Working Space Braga.
Diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Kampung Wisata Kreatif Braga merupakan kawasan wisata sejarah dan cagar budaya dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) dan pariwisata secara berkelanjutan (sustainable tourism).

Beberapa kawasan yang dihadirkan di Kampung Wisata Kreatif Braga yaitu Kawasan Tanaman Obat Keluarga RW 06, Sanggar Melukis, Kacapi Suling, Tembang Sunda Cianjuran dan Degung di Rumah Seni Ropih serta Industri Kerajinan Daur Ulang Sampah Koran dan Kantong Plastik RW 06. Ada juga kawasan Pasar Antik Cikapundung dan destinasi wisata kuliner legendaris seperti Braga Permai, Kopi Aroma, dan Warung Kopi Purnama.

Selain itu, Co-Working Space Braga pun turut diresmikan. Proyek percontohan pertama program Co-Working Space di Kota Bandung ini memiliki fungsi :

  • Menyediakan tempat bagi individu maupun komunitas untuk mengembangkan usaha pada tahap awal
  • Menyediakan fasilitas kantor yang bisa digunakan Bersama
  • Menyediakan layanan konsultasi bisnis dan profesi
  • Menyelenggarakan program skill development dan inkubasi bisnis secara sistematis, terjadwal dan terukur
  • Membangun iklim sinergi dan membantu akses individu maupun komunitas dengan jaringan bisnis dan profesional

Hadirnya Kampung Wisata Kreatif dan Co-Working Space di Braga diharapkan dapat menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat dan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bandung.