Vacathon 2019

2019-04-28 / Ekonomi Kreatif

Membawa tema “Creative Tourism through Digital Tourism”,  kegiatan Vacathon mulai diselenggarakan di Hotel Savoy Homann Bandung (28/04/2019). Kegiatan dari Disbudpar Kota Bandung ini menjadi bentuk persiapan menuju tourism 4.0 yang digagas oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. Tourism 4.0 sendiri merupakan tren pengembangan wisata dengan membangun ekosistem digital. Vacathon 2019 memiliki maksud untuk mempromosikan Kota Bandung sebagai salah satu destinasi digital dengan kekuatan kreatif turisme.

Vacathon 2019 terdiri dari 3 rangkaian acara yang meliputi Lomba Hackathon, Workshop dan Expo. Lomba Hackathon sendiri menjadi kegiatan utamanya. Sebanyak 36 tim dalam lomba tersebut diharuskan membuat aplikasi di bidang kreatif turisme dengan waktu 24 jam non stop (28 April-29 April). Sebagian besar para peserta adalah pelajar dan mahasiswa. Hasil aplikasi yang sudah dibuat dinilai langsung oleh perwakilan dari Diskominfo Bandung, Tris Avianti (Kabid Ekonomi Kreatif Disbudpar Bandung), Kennya Rizki Rinonce (Praktisi Ekonomi Kreatif), Jack Febrian (Tenaga Ahli Pariwisata) dan Nova Agustina (Akademisi STT Bandung).

Sebelum memasuki waktu penilaian, rangkaian acara selanjutnya adalah sebuah workshop. Workshop yang dilaksanakan di hari ke-2 kegiatan Vacathon ini memberikan materi terkait Digital Tourism, Era Generasi Alpha dan Hak Kekayaan Intelektual kepada para peserta lomba Hackathon. Tiga materi tersebut disampaikan langsung oleh Muhammad Neil El Himam (BEKRAF Indonesia), Rohman Agus Jatnika (STTB) dan Hadi Widianto (Disbudpar).

Untuk kegiatan Expo sudah diselenggarakan sejak hari pertama kegiatan Vacathon. Beberapa perusahaan yang ikut serta diantaranya STTB, Komunitas Cerdas, PT. Bitransel, PT. Edukasi Kompleks Indonesia, Fesmus, Bosresto dan Mobster.