Anugerah Cagar Budaya

2019-12-03 / Kebudayaan

Selasa (3/12) bertempat di Grand Ballroom Hotel Savoy Homann diadakan Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2019.

Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung tahun 2019 merupakan penghargaan ke empat sejak tahun 2016, namun satu penghargaan sebelumnya merupakan salah satu bagian dari Anugerah Budaya 2016. Penghargaan dari Pemerintah Kota Bandung ini ditujukan sebagai wujud apresiasi dan kebanggaan Kota Bandung atas prakarsa dan kreatifitas para pemilik dan atau pengelola Bangunan Cagar Budaya yang telah turut memelihara dan mengembangkan citra Kota Bandung secara baik.

Inisiatif mereka dalam mengapresiasi, menjaga, dan merawat keaslian bangunan cagar budaya, baik secara langsung maupun tidak langsung, telah memperkokoh jati diri Kota Bandung secara visual. Dengan demikian, para pemilik dan atau pengelola bangunan tersebut menjadi bagian dari para penanda budaya di Kota Bandung sebagai kota budaya.

Didalam pelaksanaan kegiatan, dewan juri menekankan pentingnya kelestarian bangunan cagar budaya yang ditinjau dari aspek perhatian pemilik/penghuni dan atau pengelola berupa daya suaka, daya reka, dan daya guna berdasarkan pada:

  1. Inisiatif merawat bangunan cagar budaya dalam waktu panjang tanpa mengharapkan imbalan dan memanfaatkan bangunan cagar budaya tersebut sebagai jati diri
  2. Melakukan konservasi dengan kaidah yang benar, baik interior maupun eksterior
  3. Melakukan inovasi dalam memulihkan bangunan namun masih satu tema dengan keahliannya
  4. Menampilkan sosok bangunan cagar budaya yang terawat dengan baik
  5. Memanfaatkan bangunan cagar budaya sesuai dengan fungsinya

Berdasarkan hasil rapat Dewan Juri Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 14 November 2019 bertempat di Ivory Hotel Jl. Bahureksa No.3, dihadiri oleh Dewan Juri serta perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung secara resmi telah memilih dan menetapkan para penerima Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung Tahun 2019 sebagai berikut:

  • Bank Mandiri (eks Ned. Handel Maatschappij) Jl. Asia Afrika No. 61
  • Gereja Pandu Jl. Pandu No.4
  • OCBC NISP (eks Toko De Vries) Jl. Asia Afrika No. 104, 106, 108, 110
  • Panti Asuhan Tambatan Hati Jl Galunggung No.23
  • Rumah Boekittinggi Jl. Tamansari No. 92
  • Rumah Keluarga Mashudi (Drie Locomotieven) Jl. Ir. H. Juanda No. 155
  • Rumah Keluarga Sukandar (karya Ir. Soekarno) Jl. Palasari No. 4
  • Rumah Keluarga Thaufiq Siddiq Boesoirie Jl. Belitung No.4
  • Rumah Keluarga Lenawaty (karya Ir. Soekarno) Komplek Jalan Kasim No. 4, 6, 8

Pada kesempatan kali ini juga, plakat Anugerah Cagar Budaya diberikan kepada penerima Anugerah Cagar Budaya dari tahun 2017-2019. Selamat untuk para penerima Anugerah Cagar Budaya. Semoga kegiatan ini dapat lebih meningkatkan kecintaan dan semangat untuk merawat Bangunan Cagar Budaya Kota Bandung.